Jumat, April 12, 2024
Google search engine
BerandaBupatiKunjungi Lamongan, Gubernur Khofifah Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban Terpenuhi

Kunjungi Lamongan, Gubernur Khofifah Pastikan Kebutuhan Hewan Kurban Terpenuhi

Suaraairlangga.com, Lamongan – Menjelang hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan nyatakan kebutuhan hewan kurban aman mulai dari stok ternak hingga kesehatannya.

Menilik salah satu peternakan sapi terbesar di Kabupaten Lamongan, yakni ternak sapi Sumber Jaya yang terletak di Desa Wonokromo, Kecamatan Tikung milik Haji Juri, Selasa (06/05)/2023, Gubernur Provinsi, Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa kondisi kebutuhan hewan kurban di Jawa Timur surplus dengan ketersediaan sapi 1 juta lebih dan diperkirakan  kebutuhan kurban sebanyak 56 ribu ekor, sedangkan untuk  ketersediaan kambing sebanyak 729 ribu dengan kebutuhan 211 ribu.

Selain memastikan stok aman dan menekankan adanya mutu kesehatan hewan dari sisi veteriner, Gubernur Khofifah juga meminta agar memperhatikan sisi syar’i agar memberikan keyakinan kepada mereka yang akan membeli hewan kurban.

“Dari segi stok, Jawa Timur salah satunya Lamongan ini kondisinya surplus, yangmana tentu ditunjang dengan kondisi kesehatan yang baik dengan ciri giginya sehat, mata bersinar, dan gerakan lincah pada sapi, karena rutin pengecekan anti mortemnya. Namun yang harus diingat, ada kriteria syar’i yang harus kita penuhi juga untuk meyakinkan masyarakat sebagai pembeli hewan kurban,” terang Gubernur Khofifah.

Mendampingi Gubernur Khofifah, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi menuturkan, akan terus melakukan pengecekan anti mortem secara rutin dengan memberikan disinfeksi, vitamin dan perawatan lainnya, terutama 21 hari sebelum dipotong oleh petugas dari Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan yang bertujuan untuk menjaga kesehatan hewan.

“Seluruh hewan untuk persiapan kurban di Lamongan kami nyatakan sehat. Kondisi tersebut akan terus kita maintenance dengan melakukan pengecekan rutin oleh petugas Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Lamongan, sehingga menjamin kualitas hewan hingga dipotong nanti,” tutur Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Selanjutnya Pak Yes memaparkan stok sapi pada Idul Adha tahun ini di Lamongan ada 8.065 ekor, 173 ekor diantaranya dari kandang Haji Juri dan 600 ekor sapi yang ada di Desa Wonokromo setempat. Sedangkan untuk kambing ada 18.025 ekor dan domba 6.155 ekor. *[SA]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR