Selasa, April 16, 2024
Google search engine
BerandaBupatiSambut Idul Adha, Dinkeswan Lamongan Gelar Bursa Hewan Qurban

Sambut Idul Adha, Dinkeswan Lamongan Gelar Bursa Hewan Qurban

Suaraairlangga.com, Lamongan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan bersama Dinas Kesehatan Hewan (Dinkeswan) Kabupaten Lamongan perdana launching Bursa Hewan Qurban (BHQ) dengan tujuan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan bagi peternak, pembeli, dan hewan ternam. Salah satu keamanan yang menjadi jaminan, ialah  hewan yang dijual dipastikan dalam kondisi sehat, baik secara kasat mata maupun secara klinis, karena sudah menjalani pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan.

“Hari ini kita launching bursa hewan Qurban pertama kali, karena sebentar lagi menuju Idul Adha, yangmana pasti akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat informasi pembelian sapi dan lainnya yang terjamin dan dapat dipertanggung jawabkan. Maka dari itu, kami hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutur Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi saat melakukan launching Bursa Hewan Qurban, kontes hewan kesayangan, dan posyandu kucing, di Alun-Alun Kabupaten Lamongan, Minggu (28/05/2023).

Sebagai fasilitator, Diskeswan memasarkan ternak dan membantu peternak menyalurkan ternaknya, serta memudahkan masyarakat yang membutuhkan hewan kurban untuk mendapatkan hewan kurban yang terjamin kualitasnya, aman, utuh, dan sesuai syariat Islam.

“Sudah menjadi tugas dan fungsi Dinkeswan untuk membantu para peternak yang ada di Lamongan, sekaligus melindungi masyarakat sebagai konsumen akan adanya kemungkinan terjadinya penyakit hewan, menjaga kestabilan harga ternak, serta memberikan wawasan keilmuan dan teknik penanganan pemotongan hewan kurban,” terang Kepala Dinkeswan Kabupaten Lamongan, Wahyudi.

Tercatat pada tahun ini, peternak yang terdaftar dalam BHQ Lamongan berjumlah 31 peternak dari seluruh penjuru Lamongan. Dari 31 peternak tersebut menyediakan hewan Qurban jenis sapi, domba, dan kambing.

Komitmen Kota Soto dalam menggairahkan sektor peternakan dibarengi dengan industri kreatif didalamnya, agar semakin menarik minat masyarakat dalam memelihara maupun membelinya. Karena sektor peternakan memiliki daya dukung akan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Lamongan.

Salah satu kegiatan kreatif untuk mendukung sektor peternakan Lamongan ialah mengadakan kontes hewan kesayangan yang menampilkan ragam jenis hewan, mulai dari jenis reptil seperti musang, biawak, ular, dan iguna. Adapun jenis ternak lainnya meliputi ayam serama, ayam bangkok, ayam ekor lidi, ayam pelung, entok jumbo, entok hias, dan burung merpati. Lalu dari jenis kucing yang dipamerkan terdiri dari kucing jenis domestic, kucing british short hair, kucing mainecoon, kucing bengal, kucing abyssinian, dan kucing  munchkin.

“Lamongan sudah sering mengadakan lomba burung, pameran hewan kesayangan, dan lainnya. Hal tersebut kami giatkan untuk menggairahkan sektor peternakan, karena sektor peternakan mempunyai daya dukung akan PDRB Lamongan,” ungkap Bupati yang akrab disapa Pak Yes.

Sedangkan untuk membantu pemeliharaan hewan kesayangan,, pada kesempatan yang sama juga dibuka posyandu kucing yang memberikan pemeriksaan lengkap serta vitamin secara gratis. Tidak hanya berlaku hari ini saja, posyandu kucing tersedia setiap hari melalui program La Pet Care yang diusung oleh Dinkeswan Kabupaten Lamongan diberbagi titik, yaitu di Kantor Dinkeswan Kabupaten Lamongan, Puskeswan Kecamatan Tikung, Puskeswan Kecamatan Paciran, Puskeswan Kecamatan Solokuro, Puskeswan Kecamatan Sukodadi, Puskeswan Kecamatan Mantup, Puskeswan Kecamatan sambeng, Puskeswan Kecamatan Kedungpring, Puskeswan Kecamatan Modo, dan Puskeswan Kecamatan Sukorame. *[SA]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR