Jumat, April 12, 2024
Google search engine
BerandaBupatiHJL 454 Disemarakkan Kontes Bonsai

HJL 454 Disemarakkan Kontes Bonsai

Suaraairlangga.com, Lamongan – Mewarnai Hari Jadi Lamongan (HJL) Ke-454 berlangsung perhelatan kontes bonsai bertajuk ‘Simphoni Bonsai’ yang dibuka secara langsung oleh Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi di Alun-Alun Kabupaten Lamongan, Selasa (09/05/2023).

Melalui perhelatan yang digelar hingga pekan ini (09-14 Mei 2023), Bupati Yes mengajak para penggiat bonsai maupun masyarakat umum untuk menyemarakan program pemerintah #ayoditumbasi. Terlebih, bonsai menjadi salah satu sektor ekonomi kreatif yang mampu menjadi penyumbang pertumbuhan ekonomi nasional hingga 5,6%.

“Pertumbuhan ekonomi memang diperlukan untuk lompatan-lompatan yang tidak hanya mengandalkan sumber daya alam yang sudah ada, tapi perlu lompatan yang sudah dibuktikan, yakni dengan ekonomi kreatif,  dan Alhamdulillah bonsai para penggemar bonsai ini, termasuk bagian ekonomi kreatif yang mendukung ekonomi nasional,” ucap Bupati Yes.

Sebagai pendongkrak ekonomi daerah melalui ekonomi kreatif, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan terus mendorong pertumbuhan ekonomi yang berbasis seni dan kreatifitas dengan melalui berbagai kolaborasi dengan stakeholder.

“Alhamdulillah Kabupaten Lamongan terus mendorong agar ekonomi kreatif dapat terus berkembang menjadi salah satu daya tarik, menjadi salah satu pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru, yang tentu ini bisa menggabungkan, mengkolaborasikan dari seluruh sumber daya alam yang ada di Kabupaten Lamongan, yang tentu terus kita fasilitasi melalui berbagai program dan kegiatan,” tutur Bupati Yes.

Dengan menyajikan 706 pot bonsai, Kontes Bonsai ini menghadirkan 4 kelas, yakni kelas utama (32), madya (37), pratama (187), dan prospek (450) dengan beragam jenis mulai dari sancang, ficus, serut, beringin, loah, kimeng, ipriku, hingga lainnya.

Meski Kontes Bonsai yang diselenggarakan PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) Lamongan berbenturan dengan event bonsai di daerah lain, Ketua PPBI Pusat, Erwin Risman mengapresiasi sukses terselenggaranya Kontes Bonsai mampu menarik peserta lebih dari 20 cabang.

“Saya sangat mengapresi sekali kegiatan ini, apalagi dari Pemerintah Kabupaten Lamongan, kami berharap kegiatan ini dapat diagendakan menjadi agenda tahunan, agar teman-teman PPBI Cabang Lamongan tidak perlu mencari lokasi, disini lokasinya sudah sangat baik sekali, setrategis. Dan kami juga mengapresiasi Kabupaten Lamongan mencoba mengadakan event internasional. Mungkin nanti kalau Lamongan ingin mengadakan event internasional akan kita coba agendakan,” ungkap Ketua PPBI Pusat, Erwin Risman.

Sejak didirikan tahun 2007, PPBI Lamongan telah menggelar 10 pameran nasional dan berbagai pameran Lokal, di 18 ranting secara berkala. Sehingga melalui Kontes Bonsai di tahun ini, diharapkan penggiat bonsai semakin maju dan dapat diperhitungkan di kontes-kontes skala nasional hingga dinternasional melalui kreatifitas dan seni para pembonsai.

Bagi para masyarakat yang ingin menikmati, belajar, maupun berbelanja terkait bonsai dalam event ini juga menyediakan stan-stan bursa bonsai yang diikuti para pelaku dan penghiat bonsai dari berbagai cabang mulai dari Lamongan, Surabaya, Sumenep, Malang, Bondowoso, hingga Batam.

Pada keepatan yang sama, Ketua PBBI Pusat, Erwin Risman melantik pengurus PPBI Cabang Lamongan, Jombang, dan Mojokerto, yang disaksikan Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, beserta jajarannya. *[SA]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR