Jumat, April 19, 2024
Google search engine
BerandaBojonegoroPeningkatan Pelayanan, RSUD Sumberrejo Gelar Forum Komunikasi Publik

Peningkatan Pelayanan, RSUD Sumberrejo Gelar Forum Komunikasi Publik

Suaraairlangga.com, Bojonegoro – Bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (07/09/2022), RSUD Sumberrejo menggelar forum komunikasi public. Kegiatan ini bertujuan menggali dan menyampaikan informasi pelayanan yang ada di RSUD Sumberrejo kepada masyarakat.

Dalam laporan kegiatannya, Direktur RSUD Sumberrejo, Ratih Wulandari menyampaikan, bahwa kegiatan ini untuk membangun sistem penyelenggaraan komunikasi publik yang adil, transparan dan akuntabel. Hal ini diperlukan dalam menjalin kolaborasi antara penyelenggara, dan stakeholder/pemangku kepentingan serta masyarakat selaku pengguna atau penerima layanan.

Forum komunikasi publik ini juga bertujuan memberikan informasi tentang pelayanan dan hasil pelayanan serta menyampaikan visi, missi, motto juga maklumat pelayanan RSUD Sumberrejo. Dalam kegiatan ini, pihak RSUD Sumberrejo menggali saran, serta kritik konstruktif dalam peningkatan mutu pelayanan dalam cakupan pelayanan tanpa mengesampingkan peningkatan kepuasan pelayanan masyarakat.

“Forum Komunikasi publik ini juga bertujuan untuk menjembatani standar pelayanan yang dilakukan tetap selaras untuk meningkatkan pelayanan pada kepuasan masyarakat,” ungkapnya.

Adapun acara forum komunikasi publik ini diikuti oleh 93 orang. Mereka terdiri dari pemangku kepentingan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Camat, Kepala Desa, termasuk dua Direktur Rumahsakit, yaitu RSUD Kepohbaru dan RSIM Sumberrejo, masyarakat, tokoh masyarakat.

Selain itu, hadir pula perkumpulan Purna Bhakti RSUD Sumberrejo, kelompok populasi sasaran Rumah Sakit serta jajaran strukral, komite medik, komite keperawatan, komite tenaga kesehatan lain, serta kepala unit pelayanan.

“Dinas Kesehatan Bojonegoro sesuai arahan Bupati Anna Muawanah itu memiliki tujuan dari sektor kesehatan, yakni meningkatkan harapan hidup masyarakat Bojonegoro, yang saat ini pada usia 71-72 tahun. Hal tersebut sangat tinggi melebihi dari usia harapan hidup jawa Timur,” ungkap Kepala Dinkes Kabupaten Bojonegoro, Anni Pujiningrum dalam acara ini.

Dalam rangka hal tersebut, Dinkes Bojonegoro menyelenggarakan kesehatan di tingkat rujukan. Yangmana Dinkes Bojonegoro sudah punya 4 RSUD, juga pelayanan kesehatan di tingkat pertama yaitu di 35 puskesmas.

“Terimakasih untuk Ibu Bupati Bojonegoro, sampai saat ini berkomitmen, sehingga masyarakat Bojonegoro sudah tercover dan terdaftar BPJS dengan cakupan per bulan Agustus 2022 sudah 99,41%,” jelas Anni Pujiningrum.

Sementara itu, dalam sambutannya melalui video converence, Bupati Anna Mu’awanah menegaskan, bahwa tujuan didirikan RSUD adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, maka informasi pelayanan serta sarana prasarana penunjang medis apa saja yang perlu diketahui masyarakat dapat terinformasikan dengan baik, dan akurat.

“Kami terus memacu kepada kinerja Rumah Sakit karena dalam IPM, selain pendidikan dan ekonomi juga ada bidang kesehatan. Bidang kesehatan ini merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat. Jadi kita harus terus mengembangkan sarana prasarana kesehatan yang berkualitas,” kata Bupati Anna.

Perempuan nomor satu di Bojonegoro ini juga mengimbuhkan, bahwa saat ini kesadaran masyarakat semakin baik terhadap kesehatan. Pasalnya pada zaman dulu masyarakat yang sakit pergi ke dukun untuk di ‘suwuk’. Namun saat ini masyarakat yang dituju juga adalah fasilitas kesehatan.

“Kesadaran masyarakat berobat ke Rumah Sakit Ini, merupakan indikator bahwa masyarakat sudah semakin baik terhadap kesadaran yang tinggi dibidang kesehatan. Maka, usia harapan hidup di Bojonegoro makin baik dibandingkan dengan kota-kota yang lain,” tuturnya.

Selain faktor kesehatan, Bupati Anna juga juga mengimbau masyarakat harus mengimbangi dengan faktor lingkungan yang bersih, lingkungan dengan kecukupan oksigen, lingkungan air minum yang bersih, lingkungan sanitasi yang bersih.

“Jadi kami juga terus menyelaraskan, salah satunya menata penghijauan, menata sanitasi, drainase dan sebagainya,” pungkasnya. *[SA]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR