Jumat, April 12, 2024
Google search engine
BerandaBupatiKobarkan Patriotisme, Dinpora Lamongan Gelar Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara

Kobarkan Patriotisme, Dinpora Lamongan Gelar Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara

Suaraairlangga.com, Lamongan – Pada Sabtu (03/09/2022), sejumlah 287 regu peserta gerak jalan perjuangan atau yang biasa disebut dengan Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara melintas di Jalan Raya Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan. Peserta kegiatan tersebut terdiri dari regu pelajar putra, regu pelajar putri, serta dari kategori umum.

Menjadi agenda wajib tahunan di Kabupaten Lamongan, Gerak Jalan Napak Tilas Mayangkara merupakan sebuah kegiatan sebagai peringatan dari perjuangan prajurit Batalyon Mayangkara yang dikomandani Jarot Subiyantoro saat melawan penjajah pada zaman Belanda tahun 1945 hingga 1955.

Mengawali kegiatan dengan upacara pemberangkatan Napak Tilas Mayangkara yang dipimpin langsung oleh Bupati Lamongan, H. Yuhronur Efendi (Haji YES), kegiatan ini dijadikan momentum untuk menanamkan jiwa kejuangan yang sudah ada sejak dulu di Lamongan. Yangmana dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme akan memudahkan dalam mencapai kejayaan Lamongan yang berkeadilan.

“Dengan memantapkan jiwa nasionalisme, pasti akan mempermudah kita dalam mencapai Kejayaan Lamongan Yang Berkeadilan. Karena dengan peringatan Napak Tilas Mayangkara tiap tahunnya, pasti akan memotivasi kita menerapkan nilai-nilai kejuangan layaknya leluhur kita dahulu,” ucap Bupati yang akrab disapa Haji YES, saat memberangkatkan peserta.

Masing-masing regu yang berjumlah 7 orang itu akan menempuh jarak 19 KM untuk mencapai finish yang bertempat di Pendopo Lokatantra Lamongan. Karena melintasi jalan raya yang aktif, maka Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinpora) Kabupaten Lamongan, Kandam mengutus untuk menjaga lalu lintas.

“Karena melintasi jalan raya, maka jagalah ketertiban untuk lalu lintas dan berhubungan dengan jarak tempuh yang panjang, maka seluruh peserta jangan sampai dehidrasi,” tutur Kandam.

Menjadi bagian dari perayaan Kemerdekaan RI Ke-77, kegiatan ini akan diberikan apresiasi berupa doorprize. Doorprize yang disiapkan terbagi menjadi 2, yakni undian untuk seluruh peserta, karena setiap peserta diberikan kupon, dan hadiah untuk pemenang yang memiliki kriteria kekompakan, ketepatan waktu tempuh, dan kostum menarik yang digunakan. *[SA]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR