Jumat, April 12, 2024
Google search engine
BerandaBupatiSukseskan Budaya Gemar Membaca, Bupati Lamongan Ikuti Penobatan Duta Baca Daerah

Sukseskan Budaya Gemar Membaca, Bupati Lamongan Ikuti Penobatan Duta Baca Daerah

Suaraairlangga.com, Lamongan – Menempati angka 70,90% Indeks Kegemaran Membaca (IKM), Kabupaten Lamongan terus membudayakan Gemar Membaca dan Literasi Digital. Salah satu upaya tersebut dengan melakukan Pemilihan Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan, yang diharapkan dapat menjadi inspirator, motivator, serta pendorong Gerakan Gemar Membaca di Lamongan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan, H. Yuhronur Efendi (Haji YES) pada sambutan Pemilihan Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan Tahun 2022, di Pendopo Lokatantra Lamongan, Selasa (23/08/2022).

“Saya senang sekali dengan kegiatan pemilihan Duta Baca bagi masyarakat Lamongan, yang nanti para Duta Baca ini mempunyai tugas yang sangat penting bagaimana menjadi inspirasi, memotivasi sekaligus mendorong, agar masyarakat Kabupaten Lamongan ini semuanya gemar membaca,” ucap Bupati YES.

Untuk menunjang hal tersebut, Bupati YES juga berharap, perpustakaan-perpustakaan di Kabupaten Lamongan dapat melengkapi fasilitasnya, agar perpustakaan menjadi tempat yang paling nyaman, dan paling dicari oleh warga Lamongan.

“Dan tentu menjadikan perpustakaan di desa, disekolah, disudut baca, menjadi tempat yang dicari oleh warga, baik orang dewasa maupun anak-anak kita untuk senang dan bergairah untuk membaca,” imbuh Bupati YES.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lamongan, Farah Damayanti Zubaidah mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Budaya Baca serta Literasi Digital di Kabupaten Lamongan.

“Selain untuk meningkatkan Budaya Baca, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan perpustakaan sebagai wacana, wahana, pembelajaran sepanjang hayat, dan untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca masyarakat khususnya di Kabupaten Lamongan,” ungkap Farah.

Lebih lanjut, Farah membeberkan, sebelum dilaksanakan grand final di Pendopo Lokatantra Lamongan, terdapat serangkaian tahapan yang telah dilakukan mulai dari masa pendaftaran, seleksi administrasi, seleksi akademi, hingga seleksi wawancara di Aula Cendikia Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Lamongan.

“Tahapan pelaksanaan pemilihan duta baca ini terdiri dari, pendaftaran yang sudah kita lakukan pada tanggal 1-14 juni lalu, dari situ terdapat sejumlah 107 peserta yang mendaftakan diri. Masuk tahap seleksi administrasi sebanyak 57, kemudian dari sesi administrasi berlanjut ke seleksi akademi dasar hingga terjaring 30 peserta, dari 30 peserta kita jaring di proses wawancara dan masuk 15 besar pada grand final malam hari ini,” jelas Farah.

Penting diketahui, setelah melakukan prosesi penjurian grand final pada Selasa malam, maka Akhmad Gunawan Wibisono dinobatkan sebagai Juara 1 Duta Baca Daerah Kabupaten Lamongan, serta Puput Syifa Deviana sebagai juara 2, Mafryanda Safinaturrizqy Addiena Shafa sebagai juara 3, dan Dya Elsa Permata Sari sebagai juara favorit. *[SA]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR