Jumat, April 12, 2024
Google search engine
BerandaBupatiTargetkan Zero Stunting, Pemkab Lamongan Kampanyekan ASI Eksklusif

Targetkan Zero Stunting, Pemkab Lamongan Kampanyekan ASI Eksklusif

Suaraairlangga.com, Lamongan – Guna menyukseskan gerakan Lamongan Zero Stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan memperingati Pekan ASI Sedunia dengan mengadakan Kampanye ASI (Air Susu Ibu) Eksklusif, Minggu (07/08/2022).

Mengambil start dan finis di Depan Pendopo Lokananta Lamongan, Bupati Lamongan, H. Yuhronur Efendi (Haji YES) secara langsung memberangkatkan 32 peserta Kampanye ASI Eksklusif peringatan Pekan ASI Sedunia yang terdiri dari Puskesmas Se-Kabupaten Lamongan.

Penting diketahui, bahwa setiap tahunnya, Dunia memperingati Pekan ASI pada tanggal 01-07 Agustus. Minggu spesial ini sudah diperingati sejak tahun 1992 sebagai gagasan dari lembaga dunia, UNICEF dan WHO.

Hal ini bermula dari gagasan tentang pentingnya peran ASI dalam tumbuh kembang serta kesehatan anak. Dengan diperingatinya World Breastfeeding Week setiap tahunnya ini, terus mengingatkan dan mendukung para orang tua diseluruh dunia dalam mensukseskan pemberian ASI eksklusif untuk bayi, setidaknya selama 6 bulan pertama kehidupan bayi.

Menurut Haji YES, sapaan akrab Bupati Lamongan, gerakan Zero Stunting Lamongan harus terus disemarakkan, karena ASI sebagai nutrisi utama bagi bayi dan balita dapat menjadi pencegah stunting pada anak.

“Lebih-lebih pada hari ini, kita akan mensosialisasikan mengkampanyekan ASI eksklusif, supaya masyarakat tahu, supaya masyarakat paham, dan tentu masyarakat memberikan ASi Eksklusif untuk bayi dan anak-anaknya,” ucap Haji YES.

Lebih lanjut, Haji YES mengajak seluruh insan kesehatan untuk terus mengkampanyekan gerakan ASI eksklusif.

“Kita kampanye hingga nanti benar-benar kita ciptakan generasi emas dari Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Lamongan bebas stunting,” ajak Haji YES.

Sementara itu, dr. Taufik Hidayat, selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan mengatakan, kegiatan Kampanye keliling ini dilakukan karena masih adanya masyarakat yang menggunakan susu formula, sedangkan ketersediaan ASI eksklusif selalu tersedia.

Selain kampanye ASI Eksklusif, terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan Dinas Kesehatan maupun instansi kesehatan Kabupaten Lamongan untuk mendorong gerakan zero stunting, diantaranya : (1) Promosi dan kampanye melalui media elekronik, media sosial, maupun podcast di dinas kesehatan maupun puskesmas, (2) Kampanye keliling di tingkat kabupaten, (3) Pencegahan stunting komponen yaitu sensitif dan spesifik terkait gizi, (4) Senam cuci tangan, (5) Senam asi ekslusif, dan (6) Senam stunting.

“Semua itu membuat sehat, agar tidak sakit, sehingga stunting akan mudah dicegah. Nanti juga ada konsultasi gratis tentang masalah gizi, khususnya ASI ekslusif yang disediakan secara gratis di Alun-Alun Lamongan,” tambah dr. Taufik.

  1. Taufik bersyukur, upaya yang dilakukan dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Lamongan.

“Bersyukur di Lamongan untuk angka stunting cenderung menurun. Untuk 2020 mencapai kurang lebih 7% dan pada saat 2021 mencapai 6,4% dan ini akan dilanjut komitmen bersama agar Lamongan menuju zero stunting,” tutup dr. Taufik. *[SA]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR