Jumat, Februari 23, 2024
Google search engine
BerandaKesehatanGarda Terdepan Penyelamat Generasi Bangsa, Inilah IBI

Garda Terdepan Penyelamat Generasi Bangsa, Inilah IBI

Suaraairlangga.com, Lamongan – Setelah tiga tahun absen tidak merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Kini, Jum’at (24/06/2022), IBI Lamongan peringati HUT IBI yang Ke-71 dengan jalan sehat bersama 1137 bidan Se-Kabupaten Lamongan, di Halaman Gedung IBI Lamongan.

Dalam HUT IBI yang bertema “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju” ini, Wakil Bupati Lamongan (Wabup), Abdul Ro’uf berharap, Bidan dapat menjadi garda terdepan dalam menyelamatkan kelahiran generasi bangsa.

“Peran bidan ini tidak ringan, IBI ini merupakan garda depan untuk menyelamatkan kesehatan dan kelahiran generasi bangsa ini,” kata Wabup Ro’uf.

Lebih lanjut, Wabup Ro’uf menekankan, peran seorang bidan tidak hanya pada kesehatan bayi, namun juga pada kesehatan ibu. Mengingat angka kematian ibu (AKI) saat melahirkan tergolong masih cukup tinggi di Indonesia yakni per100.0000 kelahiran terdapat 148,29%. Sedangkan pada bayi per 1000 kelahiran terdapat 5,16% angka kematian bayi (AKB).

“Disamping itu peran bidan adalah untuk menolong kesehatan ibu dan bayi, dan ini masih menjadi persoalan yang masih dihadapi oleh bangsa ini, yakni persoalan AKI maupun AKB yang masih tergolong tinggi,” ungkap Wabup Rouf.

Tak hanya persoalan AKI maupun AKB yang masih tergolong tinggi, kata Wabup Ro’uf, di Lamongan sendiri juga terdapat persoalan stunting yang perlu perhatian dari berbagai pihak.

“Persoalan yang menghantui kita juga adalah persoalan stunting-stunting di Lamongan ini cukup tinggi, masih ada 20% lebih berdasarkan hasil survey, dan kita pada saat ini harus bisa menekan stunting menjadi dibawah 14% di tahun 2024. Ini yang patut menjadi perhatian kita semua. Kolaborasi penanganan stunting yang tidak bisa ditangani oleh satu sektor atau satu dinas, tetapi harus dilakukan secara bersama-sama secara kolaboratif,” harap Wabup Ro’uf.

Pada kesempatan tersebut Wabup Ro’uf juga berharap, kedepan IBI mampu berkolaborasi dan berkontribusi dalam penurunan stunting.

“Semoga IBI mampu berkolaborasi menjadi bagian penting yang memberikan kontribusi penurunan stunting, khususnya di Kabupaten Lamongan. Selamat dan sukses untuk Ikatan Bidan Indonesia yang pada saat ini melaksanakan hari ulang tahun yang Ke-71, semoga IBI terus bergerak untuk mengawal indonesia dan generasi indonesia menjadi generasi yang maju,” tutup Wabup Ro’uf berharap. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR