Jumat, Februari 23, 2024
Google search engine
BerandaBupatiBangkitkan UMKM, Pemkab Lamongan Gelar Bazar Ramadhan Megilan

Bangkitkan UMKM, Pemkab Lamongan Gelar Bazar Ramadhan Megilan

Suaraairlangga.com, Lamongan – Usai perkembangan pembangunan Kabupaten Lamongan diakui sebagai daerah nomor satu di Jatim, Lamongan terus berupaya keras mendukung kebangkitan bidang ekonomi khususnya UMKM dan melahirkan wirausaha baru. Adapun upaya yang dilakukan Pemkab Lamongan salah satunya adalah lewat Bazar Ramadhan Megilan Vol.1, di halaman Gedung Olah Raga (GOR) Kabupaten Lamongan, pada 20-23 April 2022.

Megilan dalam bahasa Lamongan berarti luar biasa. Dan dalam pembukaan bazar Ramadhan Megilan Vol.1 ditandai dengan penekanan tombol virtual touch down yang dimaksudkan sebagai upaya Pemkab Lamongan menggairahkan kembali UMKM yang sempat lesu akibat pandemi.

Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (YES) menyampaikan, bahwa kegiatan ini adalah momen kebangkitan UMKM pasca pandemi Covid-19. Untuk itu, diharapkan bisa menggairahkan roda ekonomi, utamanya bagi para pelaku UMKM yang mengisi di 43 stand Ramadhan Megilan.

“Setelah dua tahun vakum. Alhamdulillah, semoga dengan kegiatan seperti ini dapat menggairahkan lagi ekonomi masyarakat dan membangkitkan kembali UMKM yang terpuruk akibat pandemi,” ucap Bupati YES, Saat membuka bazar Ramadhan Megilan Vol.1, Rabu (20/04/2022).

Ramadhan Megilan Vol.1 yang di ikuti 43 pelaku UMKM terdiri dari fashion dan aksesoris, kain batik dan tenun, dan berbagai produk olahan makanan dan minuman ini, setiap malam diisi beragam acara, dari talk show bersama Yak Yuk Lamongan.

Lalu pada Kamis, 21 April 2022, istri Wagub Jatim, Arumi Bachsin akan tampil dalam talk show dan festival takjil. Sedangkan hari ketiga, Jum;at, 22 April 2022, ada lomba patrol. Kemudian pada puncak acara, Sabtu, 23 April 2022, akan digelar fashion show dan makan bareng 1000 mangkok soto Lamongan.

“Pasar UMKM atau Ramadhan Megilan Vol.1 ini banyak menghadirkan barang maupun olahan yang unik dan bagus-bagus, silahkan datang kemari dan ditumbasi, hari ini pembukannya dan besok akan ada festival takjil bersama Arumi Bachsin, lalu ada lomba patrol, fashion show, serta buka bersama 1000 mangkok Soto Lamongan,” ajak Bupati YES.

Sebagai kabupaten yang besar dari sektor pertanian dan UMKM, Bupati YES juga terus memfasilitasi berbagai kegiatan untuk mendorong tumbuh kembangnya wirausaha baru dari ide brilian generasi muda Lamongan melalui program Megpreneur dan Santri Prenenur. Karenanya, Bupati YES mengajak seluruh masyarakat bersama-sama dalam menggairahkan perekonomian Lamongan.

“Kepada seluruh kepala OPD, Camat yang hadir, ayo dikabarkan kepada masyarakat bahwa disini ada bazar UMKM Ramadhan Megilan yang menjual berbagai produk unggulan dan unik-unik,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PMKM Prima Indonesia – DPC Lamongan, Rozikin, M.Pd. salah satu peserta stand UMKM Ramadhan Megilan Vol.1 ini berterima kasih atas perhatian Pemkab Lamongan atas upaya kongkretnya memberdayakan UMKM pasca pandemi. Karenanya, dirinya mengajak masyarakat Lamongan turut mensukseskan acara ini dengan membeli produk UMKM Lamongan.

“Terima kasih kepada seluruh elemen yang turut men-support kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan sukses. Saya juga berharap Pemkab Lamongan tidak hanya membuat event untuk ceremony saja, tapi juga pihak penyelenggara harus punya target untuk pengunjungnya. Jadi para UMKM yang ikut bazaar ini juga bisa merasakan manfaat income hasil dari penjualannya,” harapnya.

Selain itu, Rozikin berharap ada rutinitas event-event UMKM yang digelar dalam beberapa bulan sekali yang melibatkan partisipasi Asosiasi-Asosiasi UMKM dalam perencanaannya atau diajak teknikal metting sebelum pelaksanaannya, agar target pengunjung penjualan produk-produk UMKM bisa maksimal.

“Selain rutin setiap Tahun, semoga event2 serupa sering diadakan atau minimal acara MKNCE mengajak Assosiasi UMKM untuk berpartisipasi secara optimal,* tutupnya. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR