Kamis, Maret 28, 2024
Google search engine
BerandaBupatiMulai Senin, Petambak Lamongan Dapat Pupuk Subsidi 38.000 Ton Pertahun

Mulai Senin, Petambak Lamongan Dapat Pupuk Subsidi 38.000 Ton Pertahun

Suaraairlangga.com, Lamongan – Usai digelarnya unjukrasa ribuan petani tambak di Kantor DPRD dan Kantor Bupati Lamongan, pada Rabu, 02 Februari  2022 lalu, untuk menuntut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakukan langkah konkrit dengan meminta dan mendorong pemerintah pusat (KKP) memberikan alokasi pupuk bersubsidi bagi petani tambak.

Akhirnya Pemkab Lamongan bergerak cepat dan berhasil dalam menanggapi aspirasi masyarakat terkait kebutuhan pupuk bersubsidi bagi petani tambak di Lamongan.

“Alhamdulillah pupuk subsidi jenis urea mulai Senin, 07 Februari 2022, telah ada di kios bagi para petani tambak Lamongan,” kata Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi (YES) di ruang kerjanya, Jum’at (04/02/2022).

Bupati YES menjelaskan, Pemkab telah melakukan koordinasi dengan Dirjen Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Dan telah dilakukan dengar pendapat Komisi IV DPR RI dengan Dirjen Kementerian Pertanian, Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Direktur PT. PIHC (Pupuk Indonesia Holding Company), alokasi pupuk untuk petani tambak akan diurus oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Berdasarkan hasil dengar pendapat tersebut, disetujui alokasi pupuk untuk petani tambak akan diurus oleh kementerian KKP, dan untuk Lamongan mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi bagi petambak sejumlah 38 ribu ton per tahun,” jelas Bupati YES.

Bupati YES optimis kebutuhan pupuk untuk musim tanam tahun ini akan tercukupi, sehingga petani dihimbau untuk tenang dan tidak panik. Bupati YES juga menjamin keamanan pendistribusian pupuk dimaksud. Menurutnya, pihak kepolisian telah siap mengamankan proses distribusi pupuk bersubsidi tersebut.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pak Kapolres, dan Beliau siap untuk mengawal proses distribusi sehingga tidak terjadi penyelewengan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk menguatkan agar kebijakan alokasi pupuk bersubsidi menjadi kebijakan permanen, Pemkab Lamongan akan melakukan audiensi dengan Komisi IV DPR RI.

“Kami akan mengajak teman-teman yang ingin menyalurkan aspirasinya, kami akan memfasilitasi, mendampingi untuk langsung bertemu dan menyalurkan aspirasi dengan beraudiensi dengan KKP,” tutup Bupati YES. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR