Sabtu, Maret 2, 2024
Google search engine
BerandaDesaMahrus Ali Harapkan Jarkomdesa Jadi Solusi Problematika Desa

Mahrus Ali Harapkan Jarkomdesa Jadi Solusi Problematika Desa

Suaraairlangga.com, Lamongan – Guna lebih menegaskan perannya, Perkumpulan Jarkomdesa (Jaringan Komunikasi Desa) Kabupaten Lamongan menggelar acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia Jarkomdesa, di Balai Desa Pucangro, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan, Minggu (16/01/2022).

Dihadapan sepuluh Kepala Desa (Kades) binaan di Kabupaten Lamongan dan Pengurus Jarkomdesa yang menghadiri acara ini, Mahrus Ali selaku Penasehat Jarkomdesa Lamongan menyampaikan pentingnya Jarkomdesa hadir dan membersamai desa.

“Jangan lagi ada anggapan bahwa Jarkomdesa ini melulu urusan Pendamping Desa. Jarkomdesa didirikan untuk menjadi jembatan, menjadi payung, menjadi wadah komunikasi, juga sebagai ruang solutif atas berbagai persoalan yang terjadi di desa,” papar Mahrus.

Sementara itu, Kepala Desa Pucangro, Zuli Kasmawanto dalam sambutannya sangat mengapresiasi acara itu. Baginya, Kades akan sangat merasa terbantu dengan adanya Perkumpulan Jarkomdesa yang peduli dengan desa.

“Mengurus desa itu tidak hanya urusan perencanaan, realisasi, dan pertanggungjawaban anggaran desa. Urusan desa itu komplek. Kadang kita dihadapkan pada urusan hukum dan berbagai sengketa saat ngurusi desa, disitulah kami berharap Jarkomdesa hadir dan diperhitungkan,” tegas Kades Zuli Kasmawanto.

Menurut alumni Unisda Lamongan ini, Semangat undang-undang desa, telah membawa desa menjadi lebih mandiri mengurus urusan desanya, maka dengan kehadiran Jarkomdesa diharapkan menjadi solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi desa.

“Dalam waktu-waktu mendatang, semoga Jarkomdesa bisa lebih hadir dan menjadi solusi atas berbagai persoalan yang dihadapi desa,” harap Kades Zuli Kasmawanto.

Masih dalam acara ini, Ketua Perkumpulan Jarkomdesa Kabupaten Lamongan, Afan Zubaidi menyampaikan terima kasih atas kehadiran beberapa Kades binaan Jarkomdesa Kabupaten Lamongan.

“Kami menjadi sebuah perkumpulan yang tidak bermakna, tanpa adanya pihak-pihak yang selama ini berkecimpung langsung dalam urusan desa. Terima kasih terutama kepada Kades binaan yang selama ini bekerjasama dengan Perkumpulan Jarkomdesa Lamongan,” ungkapnya.

Alumni Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Fattah Lamongan itu juga menyampaikan, bahwa di usia Perkumpulan Jarkomdesa yang semakin matang ini, ingin menjadikan perkumpulan menjadi lebih matang pula dan makin bermakna bagi desa. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR