Jumat, Februari 23, 2024
Google search engine
BerandaDesaPemdes Kesambi Bersama Puskesmas Pucuk Gelar Kelas Ibu Hamil, ini Manfaatnya

Pemdes Kesambi Bersama Puskesmas Pucuk Gelar Kelas Ibu Hamil, ini Manfaatnya

Suaraairlangga.com, Lamongan – Guna menjaga kesehatan ibu hamil, UPT Puskesmas Pucuk bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Kesambi mengadakan acara Kelas Ibu Hamil di Balai Desa Kesambi, Kecamatan Pucuk, Kabupaten Lamongan, Kamis (16/09/2021).

Kades Kesambi, Ainun Najib menyampaikan, bahwa Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (Menjelang persalinan).

Ditambahkannya, tujuan diadakannya kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

“Adapun keuntungan diadakannya kelas ibu hamil ini adalah materi diberikan secara menyeluruh dan terencana, penyampaian materi lebih komprehensif karena ada persiapan petugas sebelum penyajian materi, dapat mendatangkan tenaga ahli untuk memberikan penjelasan mengenai topik tertentu, waktu pembahasan materi menjadi efektif karena pola penyajian materi terstruktur dengan baik, ada interaksi antar petugas kesehatan dengan ibu hamil pada saat pembahasan materi dilaksanakan,” kata Kades Kesambi, Ainun Najib.

Pertemuan kelas ibu hamil yang dihadiri oleh 9 peserta ini, diisi dengan materi tentang kehamilan, perubahan tubuh saat hamil. Setelah pemaparan materi oleh bidan, dilakukan diskusi tanya jawab dengan peserta. Pada setiap akhir pertemuan dilakukan senam hamil.

“Senam hamil ini merupakan kegiatan/materi ekstra di kelas ibu hamil, diharapkan dapat dipraktekkan setelah sampai di rumah. Selain itu, tujuan kelas ibu hamil diharapkan dapat meminimalisir angka kematian ibu (AKI) di wilayah kerja Puskesmas Pucuk,” pungkas Kades Ainun Najib. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR