Jumat, Maret 29, 2024
Google search engine
BerandaEkonomiTeten Masduki : SAE Pujon Malang Jadi Pilot Project Modernisasi Koperasi Pangan

Teten Masduki : SAE Pujon Malang Jadi Pilot Project Modernisasi Koperasi Pangan

Suaraairlangga.com, Malang – Menteri Koperasi dan UKM RI (Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia), Teten Masduki memastikan pembiayaan koperasi sektor produksi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) sudah mulai berjalan. Salah satu tujuan pembiayaan adalah memperkuat koperasi sektor pangan.

Hal tersebut disampaikan Menkop dan UKM RI saat melakukan kunjungan ke Koperasi SAE Pujon, Malang, Jawa Timur.

“Arahan presiden, kita ingin perkuat koperasi di sektor pangan, koperasi sektor riil. Ini bagian untuk memperkuat kedaulatan pangan kita,” tegas Menkop dan UKM RI, Teten Masduki, Sabtu (17/04/2021).

Hadir bersama Menkop dan UKM antara lain Dirut LPDB-KUMKM – Supomo, Deputi Bidang Perkoperasian – Ahmad Zabadi, Staf Khusus Menkop dan UKM – Agus Santoso, Kadis Koperasi UKM Jatim – Purnomo, Bupati Malang – HM Sanusi, dan Ketua Koperasi SAE Pujon – Abdi Suwasono.

Menurut Teten, Koperasi SAE Pujon Malang akan menjadi pilot project modernisasi koperasi di sektor pangan.  Namun, saat dialog dengan pengurus koperasi, Teten Masduki menambahkan, masih diperlukan revitalisasi dan modernisasi produksi dengan ekosistem yang lebih kuat untuk mewujudkannya.

“Kami berkomitmen bukan hanya membantu pembiayaan untuk modal kerja investasi tapi juga menajemen yang lebih modern,” ucap Teten.

Pembiayaan LPDB KUMKM untuk mewujudkan koperasi modern berbasis pangan, lanjut MenkopUKM, pemerintah menyediakan pembiayaan murah dan pendampingan. Teten menjelaskan, LPDB KUMKM menggelontorkan bantuan pembiayaan Rp. 12 Miliar agar koperasi tersebut terus tumbuh.

“Kita tidak ada hibah atau bantuan. Kita hanya menyediakan pembiayaan murah dan pendampingan. Kita design sebagai pebisnis. Hari ini kita berikan Rp. 12 miliar. Kita lihat pengembangannya perlu diperkuat lagi,” jelasnya.

Foto : Menkop dan UKM RI, Teten Masduki kunjungi Koperasi SAE Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (17/04/2021).
Foto : Menkop dan UKM RI, Teten Masduki kunjungi Koperasi SAE Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (17/04/2021).

Sementara itu Direktur Utama LPDB-KUMKM, Supomo menyampaikan, penguatan permodalan melalui dana bergulir akan dikucurkan hari ini. Menurutnya, pembiayaan itu akan digunakan untuk modal kerja dan peremajaan bibit sapi perah.

“Langsung cair karena untuk modal kerja dan peremajaan. Permodalan tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kualitas pangan dan bibit yang unggul,” kata Supomo. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR