Jumat, April 19, 2024
Google search engine
BerandaBupatiCegah Harga Anjlok, Bupati Yuhronur Minta Bulog dan Lumbung Padi Serap Gabah...

Cegah Harga Anjlok, Bupati Yuhronur Minta Bulog dan Lumbung Padi Serap Gabah Petani

Suaraairlangga.com, Lamongan – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi menghimbau kepada Bulog dan seluruh pengelola lumbung padi untuk menyerap hasil panen padi di wilayahnya. Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan ke Gudang Bulog Kabupaten Lamongan, Selasa (09/03/2021).

“Bulog dan seluruh lumbung padi di Lamongan agar segera menyerap hasil panen padi petani. Selain untuk menjaga ketahanan pangan, apalagi Kabupaten Lamongan adalah salahsatu lumbung padi nasional, juga untuk menjaga harga jual gabah agar tidak anjlok sehingga petani tidak merugi,” kata Bupati Yuhronur.

Apalagi menurutnya, saat ini di akhir bulan Maret adalah puncak-puncaknya panen padi. Dari data yang dihimpun oleh Dinas TPHP (Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan) Kabupaten Lamongan, bahwa Luas Tanam Padi bulan Oktober 2020 sampai dengan Februari 2021, yakni seluas 69.632 hektar. Luas panen padi dari Januari hingga Februari 2021 seluas 12.926 hektar. Sedangkan produksi padi sampai dengan Februari 2021 sebanyak 98.238 ton. Jadi provitas padi sat ini telah mencapai 7,6 ton.

“Saat ini harga Gabah Kering Panen berkisar Rp. 3.900 – Rp. 4.100 per kilogram, sedangkan Gabah Kering Giling (GKG) Rp. 5.200 – Rp. 5.300 per kilogram. Kita menjaga agar harganya tidak turun,” tandasnya.

Bupati Yuhronur menambahkan, hal Ini juga sebagai langkah mendukung program Ayo Beli Produk Lamongan, jika penyerapan dan daya beli terhadap gabah atau beras lamongan meningkat maka dengan sendirinya harga jualnya akan meningkat.

Penting diketahui, di Kabupaten Lamongan sendiri, terdapat 603 lumbung padi di 27 Kecamatan dengan 12 berstatus maju, 214 berstatus berkembang, dan 377 lainnya berstatus perintis. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR