Sabtu, Maret 2, 2024
Google search engine
BerandaKampusStrategi BEM FISIP Unigoro Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

Strategi BEM FISIP Unigoro Ajak Masyarakat Kurangi Sampah Plastik

Suaraairlangga.com, Bojonegoro – Konsumsi berlebih terhadap plastik mengakibatkan jumlah sampah plastik yang kian tak terkendali dan berdampak negatif terhadap lingkungan.

Sedangkan plastik diperkirakan membutuhkan waktu 100 hingga 500 tahun hingga dapat terdekomposisi (terurai) dengan sempurna, dan dengan banyaknya sampah kantong plastik akibat yang ditimbulkan yakni dapat mencemari tanah, air, laut, bahkan udara.

Lalu untuk mengurangi jumlah penggunaan bahan berbahan plastik, dibutuhkan kesadaran bersama masyarakat untuk memulai diet kantong plastik.

Hal itu disampaikan oleh para mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bojonegoro (FISIP Unigoro), dalam kegiatan “Say No to Plastic, Let’s Go Green”, di Car Free Day Alun-alun Kabupaten Bojonegoro, Minggu (27/10/2019) pagi.

Para mahasiswa dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) FISIP Unigoro yang didampingi oleh Dekan FISIP Unigoro, Dr. Rupiarsieh, M.Si. memulai kegiatan dengan membagikan totebag gratis bagi para pengguna jalan yang mengikuti Car Free Day.

Foto : Dekan FISIP Unigoro, Dr. Rupiarsieh bersama BEM dan mahasiswa FISIP Unigoro saat gelar acara “Say No to Plastic, Let’s Go Green”, di Car Free Day Alun-alun Kabupaten Bojonegoro, Minggu (27/10/2019) pagi.

Tak hanya itu, para mahasiswa juga mensosialisasikan bahaya dan dampak sampah plastik saat ini.

“Plastik sebagaimana yang kita tahu menjadi penyumbang tertinggi sampah yang belum dapat dikelola dengan baik. Untuk itu, dalam aksi kali ini kami mengajak masyarakat untuk stop menggunakan plastik secara berlebihan dan mulai menggunakan bahan yang ramah lingkungan,” ujar Dr. Rupiarsieh, M.Si.

Dr. Rupiarsieh menambahkan, kegiatan ini selain untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat juga dengan harapan kedepan pemerintah daerah dapat melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah plastik.

Tak hanya membagikan totebag, para mahasiswa yang hadir juga melakukan aksi bersih-bersih dengan memungut sampah yang ada di sekitar Alun-alun Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, kegiatan diselingi dengan musik akustik yang dibawakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Unigoro.

Sementara itu, aksi dari mahasiswa ini juga mendapat apresiasi dari masyarakat yang hadir dalam Car Free Day, dan berharap kedepan pengurangan sampah plastik dapat berjalan dengan maksimal. *[JP]

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

TERPOPULER

KOMENTAR